Senin, 26 Desember 2011

Tips-tips Pengobatan Jiwa Secara Syar'i

Tips pengobatan jiwa dari kesedihan, kegalauan, dan sejenisnya secara syar’i  
  1. Kita mesti yakin bahwa Allah telah menetapkan segala sesuatu dengan ukuran dan ketetapanya masing-masing (QS 2:286), maka tidak usah bersedih (berkelanjutan) dengan apa yang terjadi. Karena setiap manusia yang berada disekitarnya tidak akan mampu berbuat apapun terhadap yang telahterjadi tersebut, baik memberi manfaat maupun memberi mudharat. Rasulullah menjelaskan dalam (HR. Ahmad, Hasan) bahwa umat ini kendati mereka berkumpul untuk memberi manfaat kepadamu, niscaya mereka tidak akan bisa kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan bagimu, begitu juga sebaliknya baca QS 3:139. 
  2. Kesusahan dunia, penghapus dosa dan penjernih hati seorang muslim. Rasulullah S.A.W bersabda : Tidak seorang mukminpun yang apa bila sedang ditimpa kegelisahan ataupun keletihan, kekhawatiran, kesedihan atau tertusuk duri sekalipun terkecuali Allah akan hapuskan dosa-dosa karenaNya.(HR. Bukhori) Hendaknya seorang muslim mengetahui akan tujuan Allah memberikannya sesuatu cobaan, karena cobaanlah orang-orang dulu berbahagia, mereka yakin cobaan yang diberikan adalah bentuk sayangnya Allah Kepada mereka (Ingat Selalu QS: 3: 139) 
  3. Mengenali hakikat dunia, jika manusia tahu bahwa dunia ini fana, kesenangannya sedikit, kelezatannya semua dan tidak pernah memuaskan seorangpun, niscaya dia akan sedikit tertawa dan banyak menangis. Segala sesuatu yang didapatkan seorang mukmin terhadap hakikat dunia akan bisa membuatnya merasa tenang, termasuk suatu cobaan dan musibah.karena yang demikian itu sesuatu yang pasti terjadi (QS 2:155) dan (ingat selalu QS :3:139)  
  4. Jadikan Rasul dan orang-orang shaleh sebagai teladan kehidupan kita. Ujian yang kita hadapi belum seberapa dengan ujian, cobaan yang dihadapioleh para rasul-rasul dan orang-orang shaleh yang telah mendahului kita. Ada yang diuji dengan orang tua, harta, anak, wanita bahkan nyawa sekalipun. Mereka tetap tersenyum, tetap semangat dalam beribadah, tetap bersyukur atas apa yang telah terjadi. Karena mereka yakin akan janji-janji Allah yang akan mereka dapatkan kelak, terutama mereka yakin firman Allah QS.2:155-157. (Ingat selalu QS:3:139)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar