Selasa, 20 Desember 2011

Apa itu kewirausahaan ?

Kewirausahaan itu adalah salah satu proses atau kegiatan yang mempelajari banyak masalah pekerjaan baik itu bisnis, usaha, instansi maupun organisasi lainnya. Dalam mempelajari kewirausahaan ini kita dapat mengetahui banyak cara bagai mana kita harus menjadi pekerja yang baik. Tetapi sebenarnya yang di tuntut dalam mempelajari kewirausahaan ini yaitu bisa menciptakan lapangan pekerjaan, menjadi pengusaha yang handal dan mempunyai jiwa yang tidak putus asa, pantang menyerah, optimis, pandai mengatur waktu, pandai mencari kesempatan, dan pandai menempatkan sesuatu itu pada tempatnya. Kewirausahaan ini juga menceritakan bagaimana orang-orang yang sukses itu bisa mendapatkan kesuksesannya itu? karena mereka pandai mencari kesempatan tersebut, sebagai mana mereka mengatakannya kesempatan itu bisa diperoleh oleh siapa saja tampa memandang latar belakangnya baik itu seorang mahasiswa, lansia, ibu rumah tangga, pengangguran, pendidikan rendah, pengamen, pengemis, bahkan residivis sekalipun diberi kesempatan untuk menjadi orang sukses yang dapat menyamai kedudukan pengusaha bahkan pemiliki bank sekalipun. 

Jika ada kesempatan yang dapat membuat kita sukses maka sepatutnya kita perjuangkan, jangan kita melihat kesulitannya sebab tak ada satu usaha pun di dunia ini yang tidak ada kesulitannya, kalau ada satu usaha yang punya kesempatan tetapi tidak ada kesulitannya maka saya sangat bersedia untuk menjalankannya tanpa pikir panjang dan tanpa banyak pertimbangan untuk menjalankannya. Sebagai mana kita ketahui menjadi karyawan di salah satu instansi punya kesulitannya, menjadi pedagang punya kesulitannya, menjadi pengamen punya kesulitannya, dan menjadi pengemis pun juga punya kesulitannya. Oleh karena sebab itu janganlah melihat kesulitannya tetapi lihatlah kesempatannya. Kesulitan itu karena kita belum tahu caranya oleh sebab itu banyaklah bertanya kepada orang-orang yang sukses. “Orang yang gagal dalam hidup ini adalah orang-orang yang melihat kesulitannya tanpa mau melihat kesempatannya. Sedangkan orang yang sukses adalah orang-orang yang selalu melihat kesempatannya tanmpa mau melihat kesulitannya dan sudah siap menghadapi kesulitannya!!!”. Musuh utama kita untuk menjadi orang sukses adalah rasa takut. 

Dalam kewirausahaan juga menjelaskan bahwa kita ingin menjadi pengusaha atau pembisnis yang baik dan handal maka kita harus mempunyai profil, visi, misi, tujuan, fungsi, dan target yang jelas. Supaya kita bisa mencapai target yang ingin kita capai tersebut, untuk mencapai target yang sudah di tentukan. Kewirausahaan juga sudah menjelaskan kepada kita harus merencanakan segala sesuatu dengan akurat, dan menjalankan fungsi yang ada di dalam perusahaan tersebut sesuai pada tempatnya, mempunyai semangat yang besar, banyak mencari atau mendengar saran dari orang-orang sukses, bekerja dengan penuh hati-hati, berani mengambil resiko, dan bisa menganalisa apa yang akan terjadi kedepan nantinya dengan begitu kita sudah berusaha untuk mencapai target dan berusaha meminimalisasikan sebuah kegagalan tersebut.

Setelah kita belajar dan banyak belajar bagaimana tentang berwirausaha,  saya yakin anda berharap bisa memperoleh pemikiran yang jernih tentang peluang-peluang usaha yang nantinya akan memberikan manfaat pada diri anda pribadi ataupun pada masyarakat bahkan bangsa dan negara ini. Dengan kata lain saya juga  berharap anda tidak hanya sekedar mendapatkan pekerjaan tetapi juga berharap mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Kita juga mengharapkan dalam berwirausaha ini bisa memberikan petunjuk untuk semua masyarakat kedepannya dalam menjalankan suatu usaha atau pekerjaan sehingga dapat menjalankannya dengan baik tanpa mengalami banyak masalah, baik itu dalam masalah keuangan, pekerjaan, maupun masalah yang sering menjadi beban pemikiran bagi banyak orang yaitu takut mengalami kegagalan dalam usaha atau bisnis yang dijalankannya.

Sebagai mana sebelum kita mempelajari berwirausaha ini kita adalah orang yang takut dan mudah putus asa, mudah menyerah, pesimis, dan takut gagal dalam menjalankan usahu atau bisnis. Maka dari itu saya berharap setelah mempelajari dan belajar berwirausaha ini bisa  memberikan motivasi yang sangat kuat supaya kita menjadi orang yang tidak mudah putus asa, pantang menyerah, atau menjadi orang yang optimis dalam menjalankan usaha dan bisnis dengan baik dan menjadi orang yang handal dalam dunia usaha maupun dunia bisnis dan menjadi orang yang sukses. Setelah kita banyak mempelajari kewirausahaan atau berwirausaha kita juga berharap setelah mempelajarinya bisa memberi sedikit banyaknya ilmu tentang berwira usaha itu sehingga kita bisa menjadi orang yang berani untuk membuka peluang pekerjaan maupun menjalankan pekerjaan, begitu juga kita berani dalam mencari peluang, kesempatan, atau pekerjaan tersebut. Saya juga berharap setelah mempelajari wirausaha sehingga kita menjadi orang yang kreatif dalam menjalankan sebuah usaha dan menjadi pengusaha yang kreatif.  

Sehingga kita mengetahui faktor dari kegagalan tersebut dan juga bisa mengetahui bagaimana cara  mengatasi atau paling tidak bisa meminimalisir dari kegagalan tersebut supaya kita bisa menjadi orang yang sukses mulai dari sekarang, hari esok dan hari yang akan datang. Maka dari itu jangan takut berwirausaha, mari kita bersama-sama mempelajari berwirausaha semoga kita bisa menjadi orang yang sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar